28 JANUARI 2017 : " SELAMAT ATAS PENDEWASAAN GKJB PEP.BANSEL MENJADI GKJ BANSEL " GKJ BANSEL: FIRMAN TUHAN. MINGGU 15 JUNI 2014

Translate

Jumat, 20 Juni 2014

FIRMAN TUHAN. MINGGU 15 JUNI 2014


 “Roh Kudus Mampukan Kita Saling Peduli”
Matius 28:16-20

Perjalanan naik bus kota dari Bandung ke Jatinangor sering merupakan satu perjuangan tersendiri. Ini terjadi karena sarana  bus kota  dari Bandung ke Jatinangor masih sangat sedikit, sehingga sudah tidak aneh kalau suasana bus selalu penuh sesak dipenuhi oleh penumpang. Bus kota tersebut selalu dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswi yang akan pergi kuliah ke Jatinangor. Jika kita mengamati perilaku mereka (mahasiswa) di dalam bus, kita akan melihat bahwa begitu mereka mendapatkan tempat duduk, mereka tidak akan peduli dengan keadaan di sekelilingnya. Ada yang langsung tertidur (karena perjalanan yang lumayan jauh dari Bandung ke Jatinangor), ngobrol dengan temannya, dan lain-lain.  Banyak di antara mereka akan cuek saja melihat orang yang sudah sepuh atau ibu-ibu yang sedang hamil berdiri di samping mereka karena tidak mendapatkan tempat duduk. Seolah-olah kalau sudah membayar karcis bus dan mendapatkan tempat duduk, itu merupakan hak mereka, tanpa tergerak sedikitpun untuk berbagi tempat dengan orang-orang yang lebih membutuhkan. Inikah potret kehidupan anak muda jaman sekarang yang tidak peduli dengan kondisi di sekelilingnya, ataukah  kepedulian kepada sesama semakin tersisih dalam kehidupan bermasyarakat saat ini. Kadangkala kita memang terlalu asyik dengan apa yang ada pada diri kita sendiri. Persoalan-persoalan pribadi. Rutinitas kerja, harta, kesenangan-kesenangan serta kenyamanan yang kita miliki membuat kita lupa bahwa masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan dari kita.

Tema kita kali ini adalah tentang Roh Kudus. Paulus mengingatkan kepada anak-anak Tuhan bahwa hanya Roh Kuduslah yang dapat melepaskan kita dari kehidupan kedagingan kita (Roma 8:14). Dari semua karunia yang diberikan Allah kepada manusia, tidak ada yang lebih berharga dari kehadiran Roh Kudus. Roh Kudus berperan memberikan dorongan untuk memberitakan kabar baik, yaitu tentang keselamatan. Roh Kudus berdiam di hati setiap orang yang diselamatkan dan menjadi milik Allah. Kehadiran Roh Kudus dalam diri kita – sebagai orang-orang yang bersedia menerima keselamatan dari Tuhan - memungkinkan kita untuk memahami dan menafsirkan firman Tuhan, dan Ia akan menuntun kita pada kebenaran.  Roh kudus juga berperan menghasilkan buah kehidupan kita yaitu kasih. sukacita, peduli kepada sesama, kesabaran, damai sejahtera.

Tuhan Yesus memerintahkan kepada kita untuk mewartakan dan melakukan segala sesuatu yang telah diajarkanNya kepada orang-orang disekeliling kita (Mat.28:20). Sebagai orang percaya, kehidupan kita harus berbeda dari orang-orang di luar karena dalam diri kita ada Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus kita tidak akan sanggup melewati tantangan hidup ini. Adalah kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan seseorang yang membedakan seseorang hidup secara rohani atau mati secara rohani. Roh Kudus adalah Roh kehidupan, roh kebenaran yang akan mengajar, menguatkan, mendiami batin orang percaya dan menuntunnya pada kebenaran. (MC)

BG TLG 15 JUNI 2014. MINGGU KE-24 TAHUN 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar