28 JANUARI 2017 : " SELAMAT ATAS PENDEWASAAN GKJB PEP.BANSEL MENJADI GKJ BANSEL " GKJ BANSEL: Firman Tuhan Minggu 12 Oktober 2014

Translate

Minggu, 12 Oktober 2014

Firman Tuhan Minggu 12 Oktober 2014

DATANG KE PERJAMUAN TUHAN DENGAN BERPAKAIAN PESTA
Keluaran 32:1-14; Mazmur 106:1-6,19-23; Filipi 4:1-9; Matius 22:1-14

Kita sering menerima undangan, berbagai macam undangan yang kita terima, terkadang ada pembatasan berlakunya untuk dua orang, apabila undangan tidak dibawa serta, kita tidak diizinkan masuk ke dalam pesta. Dalam perumpamaan ini, seorang raja yang mengadakan perjamuan pesta, Raja menyuruh hamba-hambanya untuk mengundang seluruh orang yang dijumpai. Ternyata diantara undangan yang hadir ada yang tidak mengenakan pakaian pesta yang membuat raja marah. Pengajaran apa yang hendak Tuhan Yesus sampaikan kepada kita ?

1.   Tuhan memanggil kita masuk dalam persekutuan surgawi.

Undangan pesta dalam perjamuan kawin tersebut menyatakan pemanggilan Allah kepada manusia untuk menerima kasihNya yang tentu saja adalah Anugerah. Dimana didalamnya terkandung suasana sukacita baik setiap undangan yang datang dan sukacita yang dialami oleh sang raja yang mengundang. Sebagaimana kasih Allah yang besar bagi manusia (Yoh 3:16), berita Injil disampaikan untuk mengundang setiap jiwa untuk turut serta merasakan kasih Allah yang besar.

2.   Menghargai panggilan Tuhan

Di dalam perumpamaan ini kita menemukan dua bentuk sikap terhadap undangan yaitu:

a.   Undangan yang menolak dan berdalih.

Ada yang tidak mau datang, ada yang berdalih tentang kebutuhan hidup, pekerjaan bahkan ada yang menolak dengan kasar. Walaupun undangan telah sampai dan persiapan pesta telah tersedia.

Kasih Allah telah dinyatakan melalui Yesus Kristus untuk memanggil manusia menuju keselamatan, Dalam kehidupan berjemaat, kita menemukan ada banyak contoh sikap beralasan yang pada hakekatnya bukanlah halangan, secara umum ada beberapa hal utama yang merintangi seseorang untuk hidup dalam panggilan Tuhan, yakni : Alasan mempertahankan ego, yang menciptakan alasan ketidakcocokan sikap dan paham, seakan akan halangan itu berasal dari orang lain, padahal dari dirinya sendiri. Alasan kebutuhan hidup, sikap ini seakan akan kedekatan dengan Tuhan adalah hal yang merugikan. Alasan kesibukan dalam bekerja, ini memperlihatkan perjalanan hidup itu dikendalikan manusia bukan Tuhan, sibuk bekerja sehingga lupa Tuhan sebagai sumber kehidupan.

b.   Undangan yang tidak memakai pakaian pesta.

Selayaknya kita mempersiapkan diri sesuai dengan acara yang diselenggarakan dan sukacita, ada banyak orang yang menerima dan datang akan panggilan Yesus. Maka apakah pakaian pesta kita untuk menerima panggilan Tuhan? Yakni mengenakan Kristus dalam kehidupan kita (Gal 3:27) Dalam arti, kebenaran Firman yang dinyatakan Kristus itulah pakaian pesta yang kita kenakan dalam panggilan Tuhan. Dalam panggilan Tuhan, kita telah meninggalkan hidup yang lama dan mengenakan hidup yang baru (Ef 4:24, Kol 3:10).


Perumpamaan ini menggugah kesungguhan kita menerima panggilan Tuhan, apa yang menjadi dasar hidup orang ke Kristenan kita. Apakah kita hidup berorentasi pada kebenaranTuhan atau hidup hanya menyelamatkan hidup duniawi yang tidak peduli keselamatan jiwa. Tanpa kesungguhan dalam mengikut Yesus, maka aka nada berbagai macam alasan yang dapat kita perbuat untuk tidak hidup dalam perintahNya. ”Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang terpilih.”                                  
(P.D.H)
Sumber BG  Minggu ke-41 -2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar